Tentang penulis

Salam perkenalan. Saya seorang guru kimia di SMA Negeri 16 Surabaya sejak Pebruari 1973 hingga Desember 2011. Pada 1 Januari 2012 saya purna tugas, bukan berarti purna karya. Hingga kini saya masih menjadi guru, Insya Allah sampai akhir hayat. Sebenarnya saya tak pernah berpindah tempat mengajar, namun nama sekolah yang mengalami perubahan. Semula tahun 1973 itu nama sekolah adalah SMAN 3, kemudian berubah menjadi SMPPN, akhirnya menjadi SMAN 16 Surabaya.

Saya dilahirkan pada 15 Desember 1951 sebagai putri ketiga dari Bapak R. Soebyakto dan Ibu Rosalien Partilah. Kami 8 bersaudara, putra 2, sulung dan bungsu, 6 putri di tengah. Sejak kecil saya suka bermain dengan anak lelaki, sebab mereka umumnya tidak cengeng dan sportif. Permainan yang saya sukai diantaranya kejar-kejaran, bermain layang-layang, dan sejenisnya yang biasa dilakukan laki-laki.

Ketika bapak wafat pada tahun 1963 dalam usia 43 tahun, ibu berusia 36 tahun dan hingga akhir hayatnya di usia 72 tahun tidak menikah lagi. Ketika itu saya baru naik ke kelas 2 SMP. Karena keadaan ekonomi ibu yang tak memungkinkan unuk menyekolahkan kami ber 8, maka ibu harus bekerja dan mengurus kami semua. Kami ber 3, 2 kakak dan saya turut bekerja membantu ibu. Sejak itulah saya memilih menjadi bu guru kecil. Saya memberi les privat pada anak-anak SD dan SMP kelas 1 dan 2 untuk seluruh mata pelajaran, sesuai dengan pelajaran yang sudah dan sedang saya pelajari.

Sejak menjadi bu guru kecil, peringkat/ranking kelas saya terus meningkat dan dari SMPN 9 Surabaya, saya dapat diterima di SMAN 5 Surabaya. Di sinilah saya mulai menyukai kimia dan makin tertarik untuk menjadi guru. Akhirnya karena didukung oleh guru kimia idolaku almarhumah ibu Mardiyah, maka saya kuliah di IKIPN Surabaya yang sekarang menjadi UNESA, jurusan kimia. Saya sangat menyukai kimia dan saya berupaya untuk dapat mengajar kimia dengan sebaik-baiknya. Selama kuliah saya masih tetap memberi les privat seluruh mata pelajaran.

Sejak saya diminta oleh kepala sekolah SMAN 3, Bpk. Oetomo Tjokrodihardjo untuk membantu mengajar kimia kelas 1 dan mengajar praktikum kimia, tepatnya pada Pebruari 1973, saya telah resmi menjadi guru tidak tetap (GTT). Saya mulai fokus pada kimia, sehingga les privat SD dan SMP saya lepas sedikit demi sedikit. Pada 13 Januari 1974 saya menikah dengan bpk. Bambang Soerono dan dikaruniai 2 putri dan 1 putra di tengah.

Pada awal menjadi guru kimia SMA saya sangat ideal, agak kaku, mudah emosi, dan terlalu disiplin. Alhamdulillah secara bertahap saya dapat meningkatkan diri, berkat bimbingan bapak/ibu guru senior. Tak berapa lama saya sudah mulai mengajar kelas 1, 2, dan 3. Hingga suatu kejutan datang, saya terpilih menjadi asisten instruktur PKG Kimia pada tahun 1980. Saya terus berupaya untuk bisa memberi contoh mengajar yang baik, berkeliling kota seputar Jatim.

Alhamdulillah karena prestasi saya yang terus meningkat, saya dinyatakan menjadi instruktur dan pada tahun 1983 mendapat kesempatan mengikuti special course di Recsam, Penang, Malaysia. Terus saya mengabdi pada pendidikan sebaik mungkin, sehingga saya mendapat tugas ke luar negeri lagi, yaitu ke Inggris. Dikatakan bahwa apabila nilainya bagus, akan dikirim lagi. Dengan kesungguhan hati, saya terus berjuang optimal untuk dapat mengangkat derajat keluarga, mengikuti jejak orang tua. Syukur alhamdulillah, saya dapat ke Inggris hingga 3 kali. Di sana terus terang saya kuliah sambil bekerja, karena saat itu keluarga sedang memerlukan bantuan dana besar, baik keluarga saya, maupun saudara-saudara saya.

Selama di Inggris saya memperoleh sertifikat special course for instructor selama 3 bulan. Kemudian saya lulus D4 (diploma 4), yaitu post graduated diploma yang ditempuh setelah S-1 dan sebelum S-2. Pada tahun terakhir di Inggris, saya tak mampu untuk lulus S-2, karena satu mata kuliah Statistik nilai saya kurang sedikit. Ujian boleh dikerjakan di Indonesia, namun saya amat sibuk dengan kehidupan yang memerlukan perhatian khusus. Akhirnya saya dapat melanjutkan kuliah S-2 di Australia hanya dalam 7 bulan. One year course for S-2, each semester 3,5 bulan. Alhamdulillah saya lulus dengan memuaskan.

Semenjak itu saya bertugas sebagai tim pengembang propinsi dan nasional (Development team). Tugas instruktur ini saya lakukan sebaik-baiknya dengan tidak terlalu banyak meninggalkan jam pelajaran efektif saya di sekolah. Saya berupaya untuk selalu menjadi contoh guru yang disukai siswa yang dapat dibuktikan dari banyaknya testimoni dalam blog pribadi, diantaranya nilai mereka yang sangat memuaskan. Testimoni yang mengejutkan sekaligus amat membahagiakan saya sebagai guru adalah ketika mendengar dan melihat banyak sekali siswa saya yang sekarang telah sukses menjadi dokter, doktor, bahkan banyak yang sudah profesor. Subhanallah. Anak bangsa Indonesia memang cerdas.

Saya suka membaca dan menulis. Oleh sebab itu setiap pengalaman saya upayakan untuk dapat saya tulis di blog. Sudah sejak tahun 2009 saya menulis blog. Dahulu saya hanya menulis kimia, namun lama-lama saya suka menulis kejadian atau pengalaman lain yang mungkin dapat menginspirasi pembaca, khususnya tentang pembinaan karakter bangsa, kesehatan, dan akhirnya banyak kejadian yang saya ceritakan.

Sejak pensiun dari PNS, saya terus mengajar bimbingan kelompok, les privat atau home schooling. Saya juga senang sekali membina anak jalanan dengan caraku sendiri dan membina masyarakat umum di manapun berada. Selain menulis berbagai hal di atas, saya juga banyak menulis cerita fiksi dan kisah nyata yang merupakan catatan bimbingan berbagai kasus dan prestasi yang dicapai oleh para siswa yang saya tangani. Saya biasa dipanggil Bu Etna dan BRAND saya adalah @gurutematik. Twetter @etna_rufiati. Saya juga bisa dihubungi melalui YM, Skype, Whatsaap, atau lainnya dengan nama Etna Rufiati.

Blog ini khusus saya isi dengan kisah yang inspiratif yang mungkin dapat dicontoh. Sedangkan beberapa blogku yang lain dapat diklik pada link berikut. Selain blog, saya cantumkan pula link yang mungkin Anda perlukan untuk menghubungi saya. Silakan, Insya Allah saya mampu membantu.

http://www.studikimia.com

http://etnarufiati.guru-indonesia.net/

http://etnarufiati.blogspot.com/

http://guraru.org/anggota/etnarufiati/profile/

http://facebook.com/etnarufiati

Iklan

2 responses to “Tentang penulis

  1. Inspiratif ibu…. semoga saya juga bisa berprestasi dan berbagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s