Sesuatu yang baru bagi anak didik

Malam telah larut, namun aku masih berada di depan laptop. Setelah menjawab respon rekan-rekan guru tentang penelitianku yang sederhana waktu mengajar di SMA Trimurti, aku ingin menulis artikel yang berhubungan dengan siswa SMA Trimurti. Yah … malam ini memang sunyi sekali. Seisi rumah sudah tidur.

Kuteringat pada penelitian sederhanaku saat mengajar sebentar di SMA Trimurti Surabaya. Kubuka artikel tersebut dan terbaca olehku ucapan terima kasih dari Ibu Hadiastuti, guru kimia yang kugantikan sementara ketika beliau menunaikan ibadah haji. Kubaca kembali kata demi kata dan ya … memang benar ucapan bu Hadi bahwa cara mengajarku dalam memanfaatkan blog pribadi merupakan sesuatu yang baru bagi siswa dan guru di SMA Trimurti. Hal ini tampaknya merupakan salah satu penyebab hingga pada awal pembelajaran terasa agak kaku. Namun Alhamdulillah akhirnya semua berjalan lancar. Berikut adalah komentar dari ibu Hadiastuti dan penjelasanku pada beliau.

No Komen : 3 hadiastuti :: 27-11-2012 16:34:33

Alhamdullillah,  terima kasih banyak  atas segala bantuan yg telah diberikan. Tak terbayangkan menyelesaikan bahan ajar sebanyak itu dalam waktu yg sesingkat ini. “Pemanfaatan blog untuk media pengajaran” merupakan hal baru bagi saya dan siswa Trimurti. Hanya Allah SWT yg mampu membalas semua jerih payah ibu, amien.

:: Reply ::

Amien, Amien Ya Robbal Allamien.

Alhamdulillah, tugasku menggantikan Ibu selama naik Haji kurang lebih 7 minggu telah dapat kuselesaikan. Insya Allah batasan minimal tugas guru kimia kelas XII IPA sesuai dengan program telah dapat kupenuhi. Selebihnya adalah peningkatan siswa yang berasal dari mereka sendiri. Kejadian ini juga membuat saya tertegun dan makin senang berada ditengah-tengah mereka. Tak terasa kami makin akrab dan ketegangan yang semula timbul telah sirna. Mereka antusias sekali dan amat termotivasi untuk belajar lebih banyak melalui blog.

Kesediaanku menulis beberapa artikel yang mereka perlukan untuk menghadapi UAS belum kupenuhi, Insya Allah segera akan kulaksanakan. Untuk itu saya minta maaf sebesar-besarnya kepada para siswa dan juga kepada Ibu sebagai guru kimia mereka. Mungkin ketegangan yang timbul pada awal kehadiranku disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kami belum saling mengenal, dan pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran merupakan hal baru bagi mereka. Karena waktu penyesuaian kami yang berlangsung cepat dan peningkatan antusias belajar melalui blog sangat mengejutkan, maka saya memberanikan diri untuk melaporkan kejadian ini pada bangsa, khususnya bagi yang belum pernah menggunakan blog pribadi untuk pembelajaran.

Maafkan saya kalau terlalu berani melangkah, Insya Allah dengan demikian banyak yang akan meniru bagian yang patut ditiru dan memodifikasi atau meningkatkan bagian yang masih perlu peningkatan. Bagi siswa dan guru-guru Trimurti Surabaya, Insya Allah pembelajaran ini dapat menjadi gerakan pendahulu dan akan berlanjut dengan lebih baik. Kita tahu bahwa tak ada hal yang sulit, bila kita tidak mengatakan sulit. Semoga kita termasuk orang-orang yang tak pernah berkata sulit, apalagi tidak bisa.

Tentang secuil bantuan yang hanya selama 7 minggu ini adalah sudah menjadi tugasku Bu, kuingin tetap menjadi guru hingga akhir hayat. Saya tetap akan mendampingi Ibu dan para siswa yang harus berjuang mempersiapkan masa depannya. Marilah kita selalu berbuat yang terbaik dalam hidup ini, apapun tentu ada hikmahnya. Terima kasih atas komentar Ibu yang membuatku makin yakin untuk menjelaskan kejadian ini dalam Konferensi Nasional di UNAIR.

Kuteringat bagaimana kaku dan tegangnya suasana ketika pertama kali siswa merasakan sesuatu yang baru ini, baik pemanfaatan blog, maupun cara mendidikku. Insya Allah sesuatu yang baru ini dapat dilanjutkan oleh guru-guru dan para siswa di SMA Trimurti. Ayo mendidik rekan-rekan guru. Tak ada sesuatu yang sulit jika kita tak pernah menganggapnya sulit. Semoga bermanfaat dan salam perjuangan.

Iklan

2 responses to “Sesuatu yang baru bagi anak didik

  1. mendapat sesuatu yang baru bagi anak didik rasanya sungguh mengasiykan bu 😀

    Fajar Pamungkas

    • Iya benar sayang, kita semua selalu belajar dari sesuatu yang baru. Apalagi di era digital ini, banyak yang baru yang dapat kita pelajari. Yuk belajar, salam sukses. Terima kasih responnya. Doa ibu menyertai perjuanganmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s